Via Shutterstock by: Maciej Rogowski Photo

Biodata Jonathan David Lengkap

Jonathan Christian David (lahir 14 Januari 2000) adalah pemain sepak bola profesional Kanada yang bermain sebagai penyerang untuk Ligue 1 Lille. Ia lahir di Amerika Serikat dan mewakili tim nasional Kanada.

David lahir di New York City, tetapi pindah ke Haiti sebagai seorang anak dan berimigrasi ke Ottawa, Kanada, pada usia enam tahun. Dia mulai dengan beberapa tim muda di Ottawa sebelum pindah ke Belgia di mana dia melakukan debutnya dengan Gent pada tahun 2018. Dua tahun kemudian dia bergabung dengan klub Prancis Lille, di mana dia membantu memenangkan gelar Ligue 1 dan Piala Champions. Pada 2019, David dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Kanada Tahun Ini.

Profil Jonathan David

Berikut adalah Informasi lengkap profil dan biodata dari Jonathan David:

Nama Lengkap: Jonathan Christian David
Tempat Lahir: Brooklyn, USA
Tanggal Lahir: 14 January 2000 (22 Tahun)
Kebangsaan: Kanada
Klub: Lille
Posisi: Striker
No Punggung: 9
Tinggi: 180 cm

Karir Klub Jonathan David

Gent

Pada Januari 2018, David bergabung dengan tim Belgia dari Ghent Division A. Dia melakukan debutnya pada 4 Agustus 2018 melawan Zolte Wargem, mencetak gol pada masa tambahan waktu untuk menyelamatkan skor 1-1. Hanya lima hari setelah debutnya di liga, David tampil sebagai pemain pengganti babak kedua di kualifikasi putaran ketiga Liga Eropa melawan Jagiellonia Bialystok, mencetak gol pada menit ke-85 dan mengamankan kemenangan 1-0 timnya. David melanjutkan kemenangan beruntunnya tiga hari kemudian, masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-71 dan mencetak dua gol menjelang akhir pertandingan dalam kemenangan liga 4-1 atas Waasland-Beveren. Setelah mencetak lima gol dalam lima pertandingan pertamanya, Gent mengontrak David untuk memperpanjang kontraknya hingga 2022.  Pada September 2019, ia memperpanjang kontraknya selama satu tahun hingga 2023.  Di bursa transfer Januari 2020, presiden Ghent Ivan De Witt mencontohkan, peminat David dari klub-klub besar ditaksir bernilai sekitar 20 juta euro.

Lille

Pada 11 Agustus 2020, Ligue 1 Lille mengonfirmasi David menandatangani kontrak berdurasi lima tahun. Komisi yang dinyatakan David adalah €30 juta, menjadikannya transfer Kanada paling mahal hingga saat ini. Dia melakukan debutnya di Lille pada 22 Agustus melawan Rennes di pembukaan musim Ligue 1. Setelah awal musim yang sulit, David mencetak gol pertamanya untuk Lille melawan Lorient pada 22 November, dan mencetak gol terakhir dalam kemenangan 4-0

Baca Juga  Biodata Zlatan Ibrahimovic Lengkap

Setelah gagal mencetak gol dalam tujuh pertandingan sebelumnya, David mencetak kemenangan overtime atas Reims untuk menyamakan poin Lille dengan Paris Saint-Germain (PSG) di puncak klasemen. Pada tanggal 3 Februari 2021, David mencetak gol dalam kemenangan 3-0 Lille atas Bordeaux. David melanjutkan performa terbaiknya dan mencetak dua gol dalam kariernya di Ligue 1 Prancis, mencetak dua gol melawan Nantes pada 7 Februari. Setelah hanya mencetak dua gol di paruh pertama musim 2020-21, dua gol itu membuat David menjadi gol kelima dalam jumlah pertandingan yang sama. Pada tanggal 3 April ia mencetak gol kemenangan dalam kemenangan tandang 1-0 atas Paris Saint-Germain , menjadi kemenangan liga pertama Lille melawan Paris sejak April 1996.

Pada 23 Mei, ia mencetak gol dalam kemenangan tandang 2-1 atas Angers, memenangkan Ligue 1 2020/21 bersama Lille. David menyelesaikan musim pertamanya dengan 13 gol liga, mencetak 11 gol sejak awal tahun. Ini termasuk kemenangan atas Paris Saint-Germain dalam pertandingan ketat di Parc des Princes dan gol injury time melawan Marseille, membuatnya menjadi pemain kunci dalam gelar Lille dan salah satu pemain terbaik di liga.

Karir Internasional Jonathan David

David pertama kali diakui dari program tim muda Kanada pada tahun 2015 setelah menghadiri beberapa kamp U15 dan secara teratur dipanggil ke kamp U-17 Kanada menjelang Kejuaraan CONCACAF U17 2017. David mewakili Kanada di turnamen [26] dan mencetak dua gol melawan Suriname Dalam pertandingan grup terakhir. Pada Mei 2018, David dipanggil ke tim U-21 Kanada untuk Kejuaraan Toulon 2018.

David dipanggil oleh Tab Ramos ke tim U-20 AS pada tahun 2018. Dia menolak panggilan untuk fokus pada karir klubnya dan karena dia ingin mewakili Kanada.

David melakukan panggilan pertamanya di Kanada pada 30 Agustus 2018 untuk kualifikasi Liga Bangsa-Bangsa CONCACAF melawan Kepulauan Virgin AS. Dia melakukan debutnya bersama tim pada 9 September, di mana dia menjadi starter dan mencetak dua gol dalam kemenangan 8-0. David terpilih dalam skuad final untuk Piala Emas CONCACAF 2019 pada 30 Mei 2019. Dalam pertandingan grup terakhir Kanada melawan Kuba, ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 7-0. Meskipun eliminasi Kanada di Haiti di perempat final, David menyelesaikan turnamen sebagai pemenang Sepatu Emas dengan enam gol.

Baca Juga  Biodata Riyad Mahrez Lengkap

Setelah kemenangan 6-0 Kanada atas Kuba pada 7 September 2019, David mencetak rekor gol internasional tertua Kanada dalam satu tahun dengan delapan gol pada 2019. Sebagai pengakuan atas usahanya, ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Kanada Tahun 2019.

Pada 8 Juni 2021, David mencetak hat-trick untuk Kanada dalam kemenangan 4-0 atas Suriname di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Penghargaan Jonathan David

Lille

  • Ligue 1: 2020–21
  • Trophée des Champions: 2021

Individual

  • CONCACAF Gold Cup Best XI: 2019
  • CONCACAF Gold Cup Golden Boot: 2019
  • Belgian First Division A Top Scorer: 2019–20 (shared with Dieumerci Mbokani)
  • Canadian Men’s Player of the Year: 2019
  • Jean-Claude Bouvy Trophy: 2019–20

Gaya Bermain Jonathan David

Seorang striker serbaguna, David terutama bermain sebagai striker kedua dalam 4-4-2 atau sebagai playmaker. Ia juga mampu bermain sebagai penyerang serba bisa dan dikenal dengan kemampuan mencetak golnya. Sebagai penyerang kedua, bermain berpasangan di belakang penyerang utama lainnya. David mampu menemukan lubang di pertahanan dan menyerang area itu dengan kecepatannya yang dikenal sebagai kecepatan tertingginya. Ia juga mampu memainkan umpan-umpan pendek dan melakukan kombinasi dengan rekan satu timnya untuk menyerang area gawang. Dia bisa memainkan yang terbaik dengan kontrol yang tepat dan interaksi yang kuat antara rekan satu timnya. Berkat kecepatan dan kecepatannya, David juga efektif dalam melakukan break. Selain itu, ia dikenal dengan kecerdasan taktis, kerja defensif dan kemampuan membaca permainan, serta kemauannya untuk memaksa lawan kehilangan penguasaan bola.