Via Shutterstock by: betto rodrigues

Biodata Thiago Silva Lengkap

Thiago Emiliano da Silva (lahir 22 September 1984) adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga Utama Inggris Chelsea dan merupakan kapten tim nasional Brasil. Silva memulai karir sepak bolanya pada tahun 2002 sebagai gelandang untuk RS Football.

Profil Thiago Silva

Berikut adalah Informasi lengkap profil dan biodata dari Thiago Silva:

Nama Lengkap: Thiago Emiliano da Silva (O Monstro)
Tempat Lahir: Rio de Janeiro, Brazil
Tanggal Lahir: 22 September 1984 (37 Tahun)
Kebangsaan: Brasil
Klub: Chelsea
Posisi: Bek
No Punggung: 2
Tinggi: 183 cm

Karir Klub Thiago Silva

RS Futebol

Di sana dia diperhatikan oleh Paulo Cesar Carpigiani, yang mengundangnya untuk masuk ke rumah sakit Futibol di Brasil selatan. Silva bergabung dengan klub pada akhir 2001, menjadi profesional pada 2002 dan berkompetisi di divisi ketiga Campionato Gaucho, finis kedua dan naik ke divisi kedua negara bagian.

Juventus

Silva bergabung dengan Juventus pada tahun 2004, di mana ia bermain selama enam bulan. Pada usia 20, Silva pindah dari lini tengah ke pertahanan di bawah Evo Furtmann. Dalam satu-satunya musim bersama Juventus, Silva dipandang sebagai wahyu untuk musim ini.

Porto B

Porto membeli  Silva pada 2004 seharga 2,5 juta euro tetapi hanya bermain untuk tim cadangan.

Dynamo Moscow (pinjaman)

Setelah satu tahun di Portugal, ia bergabung dengan Dinamo Moskow, di mana ia didiagnosis menderita TBC dan dirawat di rumah sakit selama enam bulan.

Fluminense

Pada 14 Januari, Fluminense mengumumkan pembelian Silva dari Porto. 2007 adalah tahun yang jauh lebih baik bagi Fluminense dan Silva. Klub finis keempat di Kejuaraan Brasil 2007. Setelah memenangkan Piala Brasil, Silva diakui oleh penggemar sebagai bek terbaik di Brasil. Di akhir musim, ia menjadi salah satu dari tiga nominasi untuk penghargaan Bek Terbaik bersama dengan Breno dan Fabio Luciano.

AC Milan

Silva setuju bergabung dengan AC Milan dengan gaji €10 juta, dengan gaji bersih €2,5 juta, dengan kontrak empat tahun. Silva melakukan debutnya untuk Rossoneri dalam pertandingan persahabatan melawan Hannover 96 pada 21 Januari 2009; Dia bermain bagus dan membuat sepuluh tekel. Manajer Milan Adriano Galliani memuji penampilannya dan rekan setimnya Clarence Seedorf.

Paris Saint Germain

Setelah kedatangannya, Silva dikenalkan kepada media sebagai “bek terbaik di dunia” oleh presiden PSG Nasser Al-Khelaifi. Kemudian manajer Paris Saint-Germain dan mantan manajer AC Milan Carlo Ancelotti mengakui kepada media Prancis bahwa Silva telah tiba di klub dalam keadaan cedera dan tidak akan segera tersedia untuk pertandingan tersebut.

Baca Juga  Biodata Lautaro Martinez Lengkap

Pada musim 2012/13, setelah beberapa penampilan yang mengesankan, Silva dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Ligue 1 Bulan Maret dengan 71% suara.

Silva melanjutkan kecemerlangannya yang mengesankan dalam kemenangan 1-0 Paris Saint-Germain atas Troyes. Musim Silva berakhir pada 5 Mei ketika ia menerima kartu merah langsung dalam pertandingan melawan Valencia.

Musim Silva dimulai dengan kemenangan 2-1 di Piala Super Prancis atas Bordeaux, pertama kalinya Paris Saint-Germain mengangkat trofi sejak 1998. Pada 19 April, Silva memimpin Paris Saint-Germain meraih kemenangan 2-1 di 2014 Coupe de la Ligue Final, kemenangan pertama klub sejak 1998.

Musim Silva dimulai dengan buruk ketika PSG bermain imbang 2-2 dengan Reims. Pada 11 April, Silva memimpin klub meraih kemenangan 4-0 di final Coupe de la Ligue melawan Bastia.

Setelah kemenangan menakjubkan 6-0 mereka atas Guingamp membawa klub lebih dekat ke potensi hat-trick pertama di Prancis, Silva mengatakan tim PSG ini adalah yang terbaik yang pernah dia mainkan. Seminggu kemudian, PSG berjuang untuk gelar Ligue 1 melawan kemenangan tandang 2-1 di Montpellier

Pertandingan pra-musim pertama Silva adalah final International Champions Cup 2015 melawan Manchester United, di mana Paris Saint-Germain menang 2-0 dan mengangkat trofi.

Silva dinobatkan sebagai Player of the Match. Dua hari kemudian, Silva memimpin PSG meraih kemenangan 2-0 atas Lyon di Trophée des Champions 2015.

Chelsea

Pada 28 Agustus 2020, Silva bergabung dengan klub Liga Premier Inggris Chelsea dengan kontrak satu tahun dengan opsi untuk masa jabatan kedua. Dia membuat debut klubnya pada 23 September dalam kemenangan kandang 6-0 atas Barnsley di putaran ketiga Piala UEFA.

Pada 29 Mei, Silva cedera pada menit ke-39 saat ia mengangkat trofi Liga Champions pertamanya setelah kemenangan 1-0 Chelsea atas Manchester City di Final Liga Champions 2021 di Estadio do Dragao.

Karir Internasional Thiago Silva

  • Brasil Olympic             2008 – 2012
  • Brasil                           2008 –

Setelah musim yang mengesankan di Fluminense, Silva dipanggil ke starting lineup Brasil untuk Copa America 2007, meskipun tidak menjadi salah satu tim pertama yang akhirnya memenangkan turnamen. Silva kemudian dipanggil untuk pertandingan persahabatan melawan Aljazair pada 15 Agustus tanpa meninggalkan bangku cadangan saat Brasil menang 2-0.

Silva ditunjuk sebagai kapten oleh pelatih baru Brasil Mano Menezes menjelang babak kualifikasi Piala Dunia 2014, menggantikan Lucio. Brasil tampak kecewa di Copa America 2011, kalah adu penalti dari Paraguay, karena Fred, Andre Santos, Elano dan Silva dari Brasil semuanya secara mengejutkan gagal mengonversi adu penalti.

Baca Juga  Biodata Ruben Dias Lengkap

Gelar internasional pertama Silva datang di Piala Konfederasi FIFA 2013 di Brasil. Pada Mei 2019, ia masuk dalam skuat 23 pemain Brasil untuk Copa America 2019 di kandang sendiri. Dia melakukan debutnya di final melawan Peru di Stadion Maracan pada 7 Juli; Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Brasil.

Penghargaan Thiago Silva

Atletico Madrid

  • UEFA Super Cup: 2018

Manchester City

  • Premier League: 2020–21
  • EFL Cup: 2019–20, 2020–21
  • FA Community Shield: 2019
  • UEFA Champions League runner-up: 2020–21

Spain U19

  • UEFA European Under-19 Championship: 2015

Spain U21

  • UEFA European Under-21 Championship runner-up: 2017

Spain

  • UEFA Nations League runner-up: 2020–21

Individual

  • Premier League Goal of the Month: November 2021

Gaya Bermain Thiago Silva

Silva telah diakui sebagai bek yang lengkap oleh rekan-rekan dan kritikusnya. Dia digambarkan sebagai bek yang konsisten dan tanpa cacat yang dapat menangani pertahanan apa pun. Kapten dari belakang, Silva telah dibandingkan dengan bek legendaris Italia Franco Baresi dalam pertandingannya. Baresi, yang dianggap sebagai salah satu bek terhebat dalam sejarah sepak bola, mencatat bahwa Silva adalah yang paling mirip dengannya.

Salah satu bek tercepat di sepak bola Eropa, Silva digambarkan sebagai bek yang solid dengan keterampilan sundulan yang baik. Dia menggabungkan bakat fisik ini dengan kecerdasan taktis yang luar biasa, disiplin dan pengetahuan permainan, serta rasa posisi yang sangat baik yang memungkinkan dia untuk unggul dalam situasi individu. Keterampilannya berarti bahwa ia sangat baik dalam membaca dan memprediksi pertandingan, dan sangat baik dalam memblokir dan menyalip lawan yang menguasai bola. Ia dipuji sebagai bek generasi baru yang memiliki penguasaan bola terbaik dan mampu menciptakan peluang bagi timnya dari belakang dengan umpan-umpan mereka. Silva adalah bek yang berbakat secara teknis yang telah banyak dipuji karena keterampilannya. Terpilih sebagai salah satu bek tengah terbaik di Eropa selama tiga tahun berturut-turut, dan dianggap sebagai salah satu bek terbaik di generasinya, seperti yang dijelaskan oleh Rio Ferdinand dan Ronaldo, pada tahun 2014 ia dinobatkan sebagai bek terbaik di dunia. Terlepas dari dominasi bek tengah, Silva juga telah digunakan di lini tengah sebagai gelandang dan gelandang bertahan.