Via Shutterstock by: Vitalii Vitleo

Biodata Jude Bellingham Lengkap

Jude Victor William Bellingham adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang lahir pada 29 Juni 2003. Ia bermain sebagai gelandang untuk klub Jerman Borussia Dortmund dan tim nasional Inggris. Dia memulai karirnya dengan pindah ke Stourbridge dan lulus dari Birmingham City Academy.

Profil Jude Bellingham

Berikut adalah Informasi lengkap profil dan biodata dari Jude Bellingham:

Nama Lengkap: Jude Victor William Bellingham
Tempat Lahir: Stourbridge, Inggris
Tanggal Lahir: 29 Juni 2003 (19 Tahun)
Kebangsaan: Inggris
Klub: Borussia Dortmund
Posisi: Gelandang
No Punggung: 22
Tinggi: 186 cm

Karir Klub Jude Bellingham

Birmingham City

Bellingham bergabung dengan Birmingham City sebagai U-8, setelah bermain untuk Stourbridge. Dia bermain untuk tim U-18 mereka pada usia 14, dan melakukan debutnya untuk tim U-23 mereka pada usia 15, pada 15 Oktober 2018 saat bertandang ke Nottingham Forest U23. Memasuki pertandingan setelah satu jam, ia mencetak satu-satunya gol di menit ke-87 “meluncur untuk memaksa bola melewati garis gawang setelah tekanan oleh Kyle McFarlane pada kiper mengalihkan bola ke jalurnya.” Pada Maret 2019, ia mencetak tiga gol dari sepuluh penampilan skuat pengembangan, telah tampil dalam daftar “50 remaja paling menarik di sepak bola Inggris” FourFourTwo, dan disebut-sebut menarik bagi klub-klub besar Eropa. Dia secara bertahap diperkenalkan ke lingkungan tim utama saat masih anak sekolah: semakin berlatih dengan senior, dia menemani mereka pada hari pertandingan untuk mengamati,[10] dan melakukan perjalanan sebagai “pria ke-19” untuk pertandingan Kejuaraan pada bulan Maret.

Bellingham mengambil beasiswa dua tahun dengan Birmingham City untuk dimulai pada Juli 2019. Dia adalah bagian dari kamp pelatihan tim utama di Portugal, bermain dan mencetak gol dalam pertandingan persahabatan pra-musim, dan diberi nomor skuat 22 untuk 2019–20 musim. Pada tanggal 6 Agustus, ketika ia memulai kunjungan putaran pertama Piala EFL ke Portsmouth, Bellingham menjadi pemain tim utama termuda di Birmingham City. Pada usia 16 tahun, 38 hari, ia menurunkan rekor yang dibuat oleh Trevor Francis pada tahun 1970 sebanyak 101 hari. Dia bermain selama 80 menit dalam kekalahan 3-0, dan menjadi man of the match di Birmingham Mail. Dia membuat penampilan Football League pertamanya 19 hari kemudian, sebagai pemain pengganti babak kedua dalam kekalahan tandang 3-0 dari Swansea City, dan debut kandangnya pada 31 Agustus melawan Stoke City. Mengganti Jefferson Montero yang cedera setelah setengah jam, Bellingham mencetak gol kemenangan meskipun melalui defleksi yang bagus saat Birmingham bangkit dari ketinggalan 1-0 untuk mengalahkan Stoke 2-1, dan dengan demikian menjadi pencetak gol termuda mereka, berusia 16 tahun dan 63 hari. Dia memulai pertandingan berikutnya, tandang ke Charlton Athletic dua minggu kemudian, dan mencetak satu-satunya gol dari umpan Karim Mrabti.

Baca Juga  Biodata Neymar Lengkap

Bellingham dengan Birmingham City pada 2019. Bellingham berlanjut sebagai perlengkapan permanen di skuad matchday, kadang-kadang sebagai pemain pengganti tetapi terutama di starting eleven. Dia dipindahkan ke tim di sayap kiri, pindah ke lini tengah “di mana dia bisa mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri”, dan kemudian digunakan “dalam peran yang lebih maju” setelah staf yakin dia bisa mengatasi tanggung jawab. Dia adalah Pemain Muda Terbaik EFL Bulan November 2019. Menurut pelatih kepala Pep Clotet, Bellingham sendiri “merasa lebih nyaman di lini tengah, dan lebih nyaman ketika dia bisa lebih dekat ke kotak lawan.”

Dia dikaitkan dengan kepindahan ke banyak klub besar pada Januari 2020 pada hari batas waktu, Birmingham dilaporkan telah menolak tawaran £ 20 juta dari Manchester United. Bellingham melanjutkan sebagai pemain reguler tim utama, dan pada saat musim ditangguhkan karena pandemi COVID-19, ia telah membuat 32 penampilan liga. Dia tetap menjadi bagian integral dari tim setelah musim dilanjutkan tanpa penonton, dan membuat gol penyeimbang di menit akhir untuk Lukas Jutkiewicz melawan Charlton Athletic yang membuat posisi liga Birmingham tidak terlalu genting dengan dua pertandingan tersisa. Dia menyelesaikan musim dengan empat gol dari 44 penampilan di semua kompetisi, 41 di liga, saat Birmingham menghindari degradasi meski kalah dalam pertandingan terakhir musim ini. Sebagai penghargaan atas apa yang dicapai Bellingham dalam waktu yang singkat dengan tim utama, klub mengumumkan bahwa mereka akan mempensiunkan kaus nomor 22 miliknya, “untuk mengingat salah satu milik kita sendiri dan untuk menginspirasi orang lain.” Di EFL Awards, ia dinobatkan sebagai Championship Apprentice of the Year dan EFL Young Player of the Season.

Borussia Dortmund

Dia pergi ke Jerman untuk pemeriksaan medis dan transfer dikonfirmasi pada 20 Juli 2020: dia akan bergabung setelah pertandingan terakhir Birmingham musim ini. Bellingham melakukan debutnya pada 14 September 2020, melakoni pertandingan pertamanya untuk Dortmund musim 2020/21 melawan tim divisi tiga MSV Duisburg di DFB-Pokal pada usia 17 tahun 77 hari.

Baca Juga  Biodata Cristiano Ronaldo Lengkap

Dalam tiga bulan pertama musim ini, Bellingham menjadi pemain reguler di semua kompetisi, memulai enam kali dan membuat tujuh penampilan sebagai pemain pengganti. Bellingham juga masuk dalam starting line-up untuk Dortmund dalam kemenangan 4-1 atas RB Leipzig di Final DFB Cup 2021.

Dia menyelesaikan musim dengan 29 pertandingan, 1 gol di Bundesliga, 46 pertandingan dan 4 gol di semua kompetisi, dan dipilih sebagai pendatang baru untuk musim ini oleh rekan satu timnya.

 

Karir Internasional Jude Bellingham

  • 2016–2018  England U15
  • 2018–2019  England U16
  • 2019  England U17
  • 2020– England U21
  • 2020– England

Pada November 2020, setelah James Ward-Prowse dan Trent Alexander-Arnold mengundurkan diri karena cedera, Bellingham dipanggil ke skuat senior Inggris untuk pertama kalinya. Dia melakukan debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia di Wembley pada 12 November.

Penghargaan Jude Bellingham

Borussia Dortmund

  • DFB-Pokal: 2020–21

England U17

  • Syrenka Cup: 2019

England

  • UEFA European Championship runner-up: 2020

Individual

  • Birmingham City Under-15/16 Goal of the Season: 2018
  • Birmingham City Special Achievement Award: 2018
  • Syrenka Cup Player of the Tournament: 2019
  • EFL Young Player of the Month: November 2019
  • Birmingham City Young Player of the Year: 2019–20
  • EFL Young Player of the Season: 2019–20
  • Championship Apprentice of the Year: 2019–20
  • Bundesliga Rookie of the Month: September 2020
  • Bundesliga Goal of the Month: October 2021
  • VDV Newcomer of the Season: 2020–21
  • Kopa Trophy runner-up: 2021
  • Goal NXGN: 2022

Gaya Bermain Jude Bellingham

Dia adalah gelandang fleksibel yang bisa bermain di berbagai posisi lini tengah seperti gelandang kiri, gelandang kanan, gelandang tengah, gelandang bertahan dan gelandang serang. Selain itu, memiliki daya tahan dan akselerasi yang baik, sehingga menyulitkan pemain untuk menghentikan lawan.

Dia sangat andal dalam bertahan, terutama dalam hal tekel dan tembakan.